dinka..oh....dinka....
Friday, July 21, 2006
Ternyata memang tiap anak itu berbeda, masing2 punya keunikan sendiri. Ngga peduli apakah tuh anak satu telur, satu bapak, satu ibu, satu RT atau satu kampung tetep ngga akan sama...ngga akan bisa 100% sama.

Waktu Dinka lahir kebetulan hampir bersamaan dengan lahirnya anak dari kakak gw, dari adik ipar, dari temen kuliah dan kantor.... pokoke cukup secara kuantitas sebagai pembanding yg bisa gw pake untuk ngeliat perkembangan Dinka. Tau kan sebagai ibu baru pasti gw haus informasi ngga cuman dari bacaan or dokter, tapi jg dari pengalaman nyata sodara dan temen2. Gw suka nanya2, anak elo dah bisa apa skrg?imunisasi ini ngga? Dokter anaknya siapa?.....dll, dsb. Jadi inget waktu cuti melahirkan 3 bln gw sibuk sms2an ama temen ktr yg lg cuti melahirkan jg. Sama2 anak pertama. Isi smsnya dari A-Z, dari bayi ampe pembantu....

Jujur gw agak ngga pede dgn berat badan Dinka waktu lahir yg cuman 2,6 kg dan tinggi 47 cm, sedangkan yg lain rata2 beratnya 3kg-an. Kok kecil ya anak gw...padahal body gw dah melar ngga karu2an....duh knp makanan larinya k gw ya :( Yang hamilnya barengan ma gw pada ngga byk berubah bentuk badannya cuman gede di perut dan bayi yg dilahirkan beratnya gede juga.

Trus urusan ASI. Gw emang udah niat mau eksklusif 6 bln. Susu gw minum, sayur apa aja dimkn ngga mau kala ama kambing, pdhl gw ini masuk k perkumpulan org2 yg tidak suka sayur mayur tapi demi Dinka gw jabanin. Dan emang hasilnya ASI gw melimpah ruah. Stok di kulkas ngga pernah abis. Masuk kerja gw tetep ASI eksklusif, mompa sehari 2x. Orang2 ktr dah apal jam brp gw menyepi. Pernah bokap nyokap bela2in k ktr gw yg nun jauh ini utk ambil stok ASI yg baru gw hasilkan. Tapi ngga tau kenapa pertambahan berat Dinka ngga cukup banyak. Akhirnya ASI eksklusif cuman 4 bulan. Dokter anak nyuruh ngasih biskuit utk makanan tambahan karena dilihat dengan ASI aja pertambahan berat badannya kurang. Ada pasien lain yg tetep disuruh ASI aja ampe 6 bln krn dirasa dah cukup...emang sih anaknya montok bgt. Duh kenapa gw ngga bisa ya :(

Orang tua mana yg ngga seneng ngeliat anaknya dah bisa tengkurap, dah bisa angkat kepala, dah bisa duduk, dah bisa merangkak, dah bisa jalan, dah bisa......apa aja. Kyknya momen itu ngga akan pernah lupa utk pertama kalinya. Dan setiap gw denger ada yg cerita anaknya udah bisa ini itu, gw langsung inget Dinka dan ngebandingin. Kalo ada yg belum Dinka lakuin...lgs mikir...kok Dinka belum ya....kapan ya Dinka bisanya. Apalagi untuk masalah jalan. Dinka baru bisa jalan umur 14 bulan. Itu jg hanya bbrp langkah. Kebayang kan gimana perasaan gw kalo denger anak2 yg lain udah jalan dari umur kurang dari setahun dan paling lama setahun....emang sih ada anaknya temen gw yg jg br jalan umur 14 bln tapi itu cuman 1 orang.

Tapi semua kegundahan itu gw taruh di bagian terdalam hati gw. Cuman sekali-kali aja gw ungkapin k Dadang. Dia selalu nenangin dan ngingetin kalo semua itu masih wajar2 aja ngga ada yg perlu dikhawatirin. Gw jg nanya k dokter anak dan jawabannya sama. Semua itu cukup buat gw tenang di bagian luar, tapi tetep bagian dalam ngga bisa dibohongin tetep dag dig dug.

Sampai umur 18 bulan perkembangan Dinka cukup bagus, cukup bikin gw ngerasa tenang. Gw tambah super tenang pas ngeliat perkembangan Dinka setelah itu....wah pesat bgt buat gw. Tiap hari pasti ada aja yg baru entah itu tingkah laku atau bicaranya. Yang lebih buat gw seneng Dinka udah bisa nyanyi utk durasi yg cukup lama. Walaupun kata dan nada yg dikeluarkan bisa dibilang bukan nyanyian hehehhe. Dinka juga cepet niruin gerakan yg dilihat dan omongan yg didengar. Dari bicara sepatah – patah sekarang udah bisa ngrangkai 2 suku kata. Udah bisa ngungkapin keinginannya. Minta minum, minta bukain or tutupin, minta jalan2, minta ikut kalo liat ada yg pergi dan byk yg mulai Dinka minta. Selain itu Dinka juga udah bisa nolak apa yg dia ngga suka..”nak mau...nak mau..” Duh jadi kangen deh gw...

Saat ini gw percaya dan sadar bahwa tiap anak itu punya ciri khas baik sifat, tingkah laku maupun perkembangannya. Gw hrs sabar dan ngga perlu memaksakan keadaan karena setiap anak itu ada waktunya. Waktunya dia bicara, waktunya dia berjalan. Gw ngga perlu terlalu sibuk membandingan dengan anak2 yg lain dan ngga perlu terlalu khawatir kalo perkembangan Dinka masih dalam standar tumbuh kembang anak.



"duduk...duduk.. " gitu kata Dinka kalo minta mbak2nya duduk

posted by : april at 10:07 AM |

Image Hosting by PictureTrail.com

Daisypath Anniversary Years Ticker

Lilypie 5th Birthday Ticker

Lilypie 1st Birthday Ticker

Cool Slideshows!

  • Mama Dinka Demam
  • Rencana tinggal Rencana
  • Dinka Demam
  • visit supplier
  • Nina Bobo
  • Titipan
  • PENYESALAN
  • First Day
  • my first car
  • Kuda2an
  • January 2006
  • February 2006
  • March 2006
  • April 2006
  • May 2006
  • June 2006
  • July 2006
  • August 2006
  • September 2006
  • October 2006
  • November 2006
  • December 2006
  • January 2007
  • February 2007
  • March 2007
  • April 2007
  • May 2007
  • June 2007
  • July 2007
  • August 2007
  • September 2007
  • October 2007
  • November 2007
  • December 2007
  • January 2008
  • February 2008
  • March 2008
  • April 2008
  • May 2008
  • July 2008
  • August 2008
  • September 2008
  • October 2008
  • February 2009
  • Amey

    Angky

    Astien

    Astri-Keluarga Nugraha

    Bunda Aurell

    Caprina

    Cipluk

    Dewi

    Febrie

    Henny

    Hillda

    Ica

    Lily

    Lirih

    Mama Raina

    Melanie

    Muti

    Nana

    Neli

    Nukew

    Patty

    Prima

    Ria

    Reth

    Retni

    Rosy

    Sabrina

    Somavita

    Susan

    Talk Over Coffee

    Vivie

    Yanti

    Yenny

    Yossy

    Wiedy

    Zsa2

    Galeri Bunda

    ngeborong

    All About Glam

    BlogFam Community

    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

    Click for Jakarta Observatory, Indonesia Forecast

    Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

    Free Shoutbox Technology Pioneer