Pembantu vs Baby Sitter
Monday, November 13, 2006
Dulu gw sempet kepikiran make baby sitter (BS) pas gw hrs ngantor lg stlh cuti melahirkan. Tapi dipikir2, ditimbang2 n diobrolin ma nyokap, gw nyari pembantu aja yg bs diajarin buat jagain Dinka. Ada bbrp pertimbangan kenapa gw ngga ambil BS waktu itu. Pertama jelas krn gaji BS yg lumayan tinggi dibanding pembantu. Belum lg kalo gw baca peraturan2 dr yayasan yg kyknya dah standar dimana2 kalo BS itu urusannya cuman di anak thok. Kedua gw msh tinggal ma nyokap yg jelas lebih megang peranan dlm pengasuhan Dinka. Dari mandiin, minumin susu ampe buatin n ngasih makan waktu Dinka udah mulai ngunyah. Ketiga, kalo gw dah pulang kantor otomatis Dinka dlm pengasuhan gw sampe bobo. Keempat, waktunya weekend berarti waktunya jg gw jd ibu rumah tangga - FTM gitu. Jadi saat itu gw pikir lebih butuh pembantu aja dibanding BS.

Bbrp kali gw ganti pembantu. Ada yg 1 bulan, ada yg 3 bulan, ada yg cuman sehari tapi ada juga yg nyampe setahun. Nah yg nyampe setahun itu ngga balik lg abis lebaran kemaren :( Pdhl gw sempet berharap mereka balik, walaupun dibilang bagus2 bgt jg enggak. Tapi krn dah lama megang Dinka dan mereka sempet menyatakan balik, jd gw ngga terlalu sibuk nyari pengganti. Ternyata hampir semua pembantu yg pernah di gw itu sama, bilang balik ngga taunya ngga balik. Disuruh bilang kalo ngga jadi balik tetep ngga ngasih tau. Gw suka bete pdhl gw dah pre-info kalo ngga balik ya ngga pa2 toh gw ngga maksa, asal bilang doang kok susah ya. Kan kalo bilang dr awal gw bisa nyari dan dapet pengganti lebih cepet.

3 minggu lamanya tanpa pembantu. Eh ada sih yg cuci setrika, tapi kalo dah selesai ya pulang, kebetulan tetangga sendiri dipekerjakan :) Gw dah nitip kesana kemari, minta dicariin pembantu. Tapi ampe gw ngantor lagi tetep ngga dpt. Semua lg kosong bilangnya atau msh dicariin. Suka gitu ya kalo lg ngga ada, ngga ada semua, sekalinya ada eh berbondong2 penawaran :p Sebenernya yg paling capek kalo ngga ada pembantu ya nyokap gw. Setahun yg lalu mungkin ngga berasa soalnya Dinka msh kecil. Masih bisa digendong kalo mo dicekokin susu or maem. Tapi skrg...weleh...weleh...gw aja ngos2an duduk berdiri duduk berdiri jalan duduk lg kadang lari :D buat ngintilin nih bocah. Waktunya makan or minum susu hrs dipancing ama sesuatu yg aneh or baru yg bisa bikin Dinka diam ditempat. Jadi enak nyuapinnya. Tapi itu pasti ngga bakalan lama. Namanya jg umur segitu pasti cepet bosennya.

Kepikiran buat nyari BS br bbrp hari yg lalu. Pembantu ngga dpt2 apalagi yg punya pengalaman pegang anak. Sempet ditawarin tapi pas tau bakal megang anak agak keberatan maunya ya kerjaan rumah tangga aja. Sebelum diskusi ma dadang ma nyokap, gw cari2 informasi dulu k yayasan yg direkomendasiin temen2 gw. Pengen tau brp sih skrg gaji BS per blnnya. Tanya sana sini akhirnya gw tau BS itu ada bbrp macam n tingkatan. Untuk baby atau balita. Mau yg pemula, trampil (pengalaman br 1 thn) atau pengalaman bertahun2. Dan gw itung2 ternyata utk pemula dan trampil masih bisa masuk budget. Budget 2 pembantu gw ganti 1 BS. Trus gw diskusi ma Dadang n nyokap. Mereka semua terserah gw aja. Buat ngimbangin kerjaan rumah, porsi kerjaan (plus gaji tentunya) tetangga gw ditambah ngga cuman cuci setrika tapi juga masak n bersih2 rumah. Jadi pulangnya agak siang.

Jumat malem BSnya dianter. Kesan pertama n sampe hr ini bisa dibilang ok. Anaknya lumayan gesit dan cepet ngerti. Ama Dinka jg bisa langsung akrab. Bisa masak juga n mau bantuin kerjaan rumah, ngga cuman anak aja :) Untuk sementara gw bisa bernapas lega terutama nyokap gw hehehhe skrg tinggal berharap semua lancar n baek2 aja. Emang ngga bisa dipungkiri ada harga ada rupa. Beda bgt pembantu2 yg pernah gw punya sama BS ini. Dari tutur bahasa (walaupun umur n pendidikan sama), cara kerja, daya tangkap pokoke beda deh. Tapi tetep gw sadar n ngga bisa pungkiri, mau pembantu atau BS pasti ada faktor "untung2an"nya. Dan tetep kudu diawasi. Pas lagi untung ya dptnya bagus dan bertahan lama, tapi kalo enggak ya nasib eh ya cari lg donk...heheheh

posted by : april at 3:02 PM |

Image Hosting by PictureTrail.com

Daisypath Anniversary Years Ticker

Lilypie 5th Birthday Ticker

Lilypie 1st Birthday Ticker

Cool Slideshows!

  • Rumah Dinka
  • Cerita Mudik
  • Welcome Back April!
  • LeBaRaN
  • Cerita Dinka - NduT
  • MuDiK
  • kerja
  • Cerita Dinka - Telanjang
  • Rumah Orang Tua Indah
  • Cerita Dinka - Handuk & Kura2
  • January 2006
  • February 2006
  • March 2006
  • April 2006
  • May 2006
  • June 2006
  • July 2006
  • August 2006
  • September 2006
  • October 2006
  • November 2006
  • December 2006
  • January 2007
  • February 2007
  • March 2007
  • April 2007
  • May 2007
  • June 2007
  • July 2007
  • August 2007
  • September 2007
  • October 2007
  • November 2007
  • December 2007
  • January 2008
  • February 2008
  • March 2008
  • April 2008
  • May 2008
  • July 2008
  • August 2008
  • September 2008
  • October 2008
  • February 2009
  • Amey

    Angky

    Astien

    Astri-Keluarga Nugraha

    Bunda Aurell

    Caprina

    Cipluk

    Dewi

    Febrie

    Henny

    Hillda

    Ica

    Lily

    Lirih

    Mama Raina

    Melanie

    Muti

    Nana

    Neli

    Nukew

    Patty

    Prima

    Ria

    Reth

    Retni

    Rosy

    Sabrina

    Somavita

    Susan

    Talk Over Coffee

    Vivie

    Yanti

    Yenny

    Yossy

    Wiedy

    Zsa2

    Galeri Bunda

    ngeborong

    All About Glam

    BlogFam Community

    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

    Click for Jakarta Observatory, Indonesia Forecast

    Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

    Free Shoutbox Technology Pioneer