kunyah mengunyah
Saturday, May 26, 2007
kok bisa sih dinka jd menggendut begitu? itu jg yg jd pertanyaan gw, dadang, Titi, Kung, Yang Mami, Yang Papi, DSAnya dan semua org yg tau gimana kecilnya dinka dulu heheheh

dinka lahir dg bobot 2,6 kg termasuk kecil menurut gw untuk ukuran anak jaman sekarang. patokannya adalah anak2 temen n sodara gw yg lahir rata2 dg BB 2,9 kg. dinka dpt ASI eksklusif cuman ampe 4 bln (5,3 kg) walaupun pengen bgt nyampe 6 bulan krn produksi berlimpah ruah :D. tapi berhubung pertambahan berat badannya kurang, dsa nya minta dinka mulai dikenalin sama biskuit susu. pertama kali gw kenalin biskuit farley campur susu formula kadang ASI. ASI masih konsumsi makanan dinka terbesar. for info, dinka cuman kenal dot ampe umur 1 bln setelah itu jelas lbh milih nenen emaknya :p gw sempet stres pas kudu ngantor lg krn dinka tetep ngga bs pake dot. segala cara dicoba, dr ganti2 merk n bentuk dot ampe ngebiarin dinka kelaperan dg harapan mau ngenyot dotnya, tetep aja loh ngga berhasil. akhirnya sendok lah sbg pemenang ngalahin dot. pdhl gw sempet beli botol susu yg lucu2 yg ada cuman buat menuh2in lemari :p memang byk yg bilang pake sendok lebih bagus dibanding botol terutama utk pertumbuhan gigi, tp terus terang kl pake sendok tuh butuh usaha lebih gede n hrs lebih telaten. selain waktu nya lebih lama dibanding minum dr botol, jg resiko tumpah pas masukin sendok k mulut. suka sedih kl yg tumpah itu ASI. satu lg kl pake sendok ngga bs colongan ngasih susu waktu anak bobo malem. mungkin ini juga yg bikin dinka ngga byk naik berat badannya. beruntung gw punya nyokap yg telaten bgt ngasih susu pake sendok selama gw di kantor.

kl ngga salah mulai umur 6 bln (BB = 6,1 kg) gw mulai kenalin bubur2 instant. dr segala merk yg dicoba dinka lebih suka nutricia creme. tp ini ngga lama krn nyokap lebih suka bikin sendiri. bisa dibilang dinka bayi lebih byk nyokap yg ngasuh krn selain gw kerja juga bbrp kali ganti pengasuh. umur setahun (BB=7,8 kg) porsi mkn dinka ngga byk berubah, masih bubur saring, tambahan buah dan susu tetep disendokin. semua itu ngga gampang masukin k mulut dinka. gw br bener2 ngerasain susahnya kl lg mudik :p blm lg cerita muntahnya...duh...tp gw dah dpt ilmu dr nyokap dan itu msh berlaku ampe skrg. ilmu yg semua org pasti dah tau yaitu kita hrs bisa ngalihin perhatian anak kl lg susah mkn. dr mulai nyanyi,cerita, ngoceh2 ampe bibir dower kl perlu :p, atau jln2 kesana kemari sambil nunjukin sesuatu ampe nangkepin laron hanya utk masukin sesendok k mulut. cape? ya iyalah.... satu lg kata nyokap jgn sekali2 bilang "selesai nih mknnya, anaknya dah ngga mau" krn menurut beliau anak itu pasti mau makan, cuman kitanya aja yg ngga tau caranya heheheh pokoke pantang ngomong gitu dpn nyokap apalagi masih byk yg tersisa di piring :p kadang kl gw nyerah nyokap pasti langsung ambil alih dan selalu berhasil :D duh nyokap emang the best buanget...nget :)

gw lupa mulai ksh dinka vitamin umur brp....yg jelas skrg vitaminnnya curvit dan sebelumnya becombion. umur 1,5 th (10,3 kg) nah disini kyknya dinka mulai tumbuh dan gw mulai merasakan manfaatnya tidak minum susu dr botol. walaupun msh pake sendok tp dah mulai lihai baik emak mapun anak :p kl gw perhatiin dr sepupu2nya yg pake dot, kl blm abis susu yg dibotol ya udah nunggu tanpa bs dipaksa krn yg ada dotnya yg dienyot2, sedangkan dinka kl blm abis susunya pas minum sendiri ya udah lgs disendokin. jd ngga butuh waktu lama buat ngabisin susu dan ngga ada tuh kesempetan buat ngempeng. apalagi skrg lebih sering minum sendiri,kadang pake gelas yg ada tutupnya kadang ngga pake...wah yg ini super duper cepet.... mak.glek..glek :)) skrg dinka jatah susunya 3 x sehari @240 ml tp kadang yg kedua 120 ml tergantung mkn n ngemilnya byk apa engga.

oh iya gw sempet terpaku sama jadwal, misalnya jam segini susu sekian ml, 2 jam kemudian makan 2 jam lg susu sekian ml dst dsb mungkin pengaruh baca buku ini itu hehehe jd kl jam segini dinka blm susu gw bs gelisah bgt, gimana ntar ngejar mknnya, gimana susunya lg dll. nyokap selalu ngingetin gw ngga boleh gitu krn anak bkn robot yg bs di set jadwal aktifitasnya. gw hrs fleksibel. bangun tidur ngga hrs susu dulu tp liat jam brp anaknya bangun. kl dah siang dan jamnya mkn ya mkn dulu. br nanti susu. hrsnya 2x susu sblm mkn siang tp br skali dan deket waktunya sama mkn yo wis stop dulu, krn lebih utamain makan. setau gw emang makin besar anak makin ditambah porsi makannya bukan susunya, krn lbh byk gizi yg dibutuhkan utk perkembangan dan itu ngga cukup cuman dr susu. tp ada satu jadwal yg tetep kudu dipegang yaitu jadwal mkn...pagi,siang, sore (mlm).

soal mknan terus terang gw msh punya patokan 3 th pertama itu merupakan thn emas buat pertumbuhan anak. jd gw sengaja sedikit membedakan mknan dinka dg yg sdh sepuh2 ini hehehhehe skrg tiap minggu belanjaan wajib yaitu beli ayam kampung beserta telurnya, fillet ikan salmon atau kakap merah, daging giling anak sapi, tahu sutra, jeruk medan, melon,pear, apel, pepaya, pisang. untuk lauk gw beli 2 macem ganti2an, ayam n ikan atau daging n ikan yg pasti ada ikannya. buah juga sama ganti2an tp yg selalu ada jeruk medan. biasanya diperes n buat minum seabis mkn. untuk buah sendiri gw buat 2x sehari....bs jeruk n apel...jeruk n melon....dll kalopun pas abis jeruknya ya pake yg ada yg penting konsumsi buah tetep 2x sehari. yg wajib juga sayur mayur tiap kali mkn.selain yg wajib ada jg yg ngga wajibnya, yaitu menu yg terhidang di meja makan....bisa ceker (tmasuk favorit dinka), pindang, gurame, ati , tahu tempe, dll hehehhe

dinka termasuk doyan ngemil, ini nurun dr emak bpknya jelas :D sebenernya dah keliatan dr dinka umur setahun. cemilan pertama yg dinka suka lidah kucing. cemilan berikutnya ya biskuit, coklat, wafer, keju, yoghurt, roti, pisang, pepaya, klepon, lupis, pisang goreng....loh kok pemakan segala hehehhe tp semua ngga lama, kyknya seumur2 dinka cepet bosen. makanya teori variasi mknan buat anak bener bgt :p soal cemilan ini nyokap sampe bikinin roti isi coklat or pisang atau kue coklat khusus buat dinka. di rmh jg selalu sedia roti tawar, kebetulan semua penghuninya suka. nah ada saat dinka suka roti tawar pake mesis yg di panggang persis kesukaan bpknya...dan skrg lg demen ma biskuit regal dicelup2in k susu hehhehe

selain makanan, ada hal2 lain yg berpengaruh dg pertumbuhan dinka. pertama tidur siang, Alhamdulillah ampe skrg dinka punya jadwal bobo siang n ngga susah nidurinnya. walau jamnya ngga pasti bs jam 10 or 11 bs jam 1 or 2 tp dinka pasti ada bobonya rata2 minimal 1,5 jam. dulu memang 2x sehari bobonya, tp makin gede cuman sekali....buat gw ngga mslh yg penting ada waktu di istirahat.

kedua tempat makan, sekarang hampir ngga pernah dinka mkn di luar rumah, ngga pernah mkn sambil jln2 keliling komplek. dinka skrg selalu mkn di dlm rumah di bwh pengawasan nyokap. ada 2 alasan kuat knp skrg hrs d dlm rumah yaitu menghindari makanan kena debu,lalat,kotoran dll walau sudah ditutup dan satu lg memastikan makanan abis krn dimakan bukan dibuang. mungkin ngga mslh kl ibunya sendiri yg pegang tp kl dah org lain dan bukan keluarga kok gw ame skrg tetep susah buat percaya. misalnya mknan ngga abis jg ngga pa2 tp kita tau sampe sberapa sisanya. gw ma nyokap selalu menekankan k pengasuh ngga mslh kl mknan ngga abis dlm arti dinka udah bener2 ngga mau, krn kita tau tiap hr blm tentu sama kadang gampang kadang susah. yg penting bilang n kasih tau. biasanya nyokap akan ambil alih kl pengasuh or gw dah nyerah.

dinka kl lg sakit biasanya agak susah makan. kita hrs lebih ati2 apalagi pas batuk...siap2 aja sama acr muntahnya. utk satu ini gw dah ngga panik lg, dah terbiasanya walau kadang nyesek apalagi br selesai mkn, abis, n keluar lg...weleh...weleh :p nah kl kelamaan misalnya dah sejam tp msh byk sisa mknannya atau ada acr muntah, gw langsung nyuruh berhenti mknnya. istirahat bentar trus dibantu ama susu or pediasure.

meski dah di dlm rumah ampe skrg dinka belum bs duduk diam di tempat pas waktunya mkn. bs sih tp cuman sesaat ikut emak bpknya kl lg mkn. itung2 mulai ngenalin cara mkn yg baik dan benar :) sedangkan selebihnya kita hrs bs ngalihin perhatian apalagi kl dah mulai kenyang hrs pinter2 cari cara biar ngga ngemut. jd bisa dibilang urusan makan itu susah2 gampang ampe detik ini heheheh.

dah tenang donk anak montok? ngga juga krn sebenernya gw mulai was2 dg berat badan dinka takut kelewatan aja n jadi obesitas nantinya. gw dah mulai kasih batesan apa2 aja yg boleh masuk mulutnya, terutama cemilan heheheh


foto2 dinka dulu dan sekarang....




posted by : april at 7:32 PM |

Image Hosting by PictureTrail.com

Daisypath Anniversary Years Ticker

Lilypie 5th Birthday Ticker

Lilypie 1st Birthday Ticker

Cool Slideshows!

  • cerita di akhir pekan yg panjang :)
  • senam yuukkk
  • pisah
  • dilema
  • cerita dinka - sakit lagi...dan lagi...:((
  • cerita dinka - sayang kalo dilewatkan
  • cerita dinka - scooter
  • training vs jalan2
  • my day
  • 2 days training
  • January 2006
  • February 2006
  • March 2006
  • April 2006
  • May 2006
  • June 2006
  • July 2006
  • August 2006
  • September 2006
  • October 2006
  • November 2006
  • December 2006
  • January 2007
  • February 2007
  • March 2007
  • April 2007
  • May 2007
  • June 2007
  • July 2007
  • August 2007
  • September 2007
  • October 2007
  • November 2007
  • December 2007
  • January 2008
  • February 2008
  • March 2008
  • April 2008
  • May 2008
  • July 2008
  • August 2008
  • September 2008
  • October 2008
  • February 2009
  • Amey

    Angky

    Astien

    Astri-Keluarga Nugraha

    Bunda Aurell

    Caprina

    Cipluk

    Dewi

    Febrie

    Henny

    Hillda

    Ica

    Lily

    Lirih

    Mama Raina

    Melanie

    Muti

    Nana

    Neli

    Nukew

    Patty

    Prima

    Ria

    Reth

    Retni

    Rosy

    Sabrina

    Somavita

    Susan

    Talk Over Coffee

    Vivie

    Yanti

    Yenny

    Yossy

    Wiedy

    Zsa2

    Galeri Bunda

    ngeborong

    All About Glam

    BlogFam Community

    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

    Click for Jakarta Observatory, Indonesia Forecast

    Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

    Free Shoutbox Technology Pioneer